Mendapatkan Modal Usaha Selain dari Bank

Cara Mendapatkan Modal Usaha Selain dari Bank

Mau usaha tapi terbentur modal? Tidak usaha khawatir ibarat kata “ada jalan menuju Roma” bulatkan saja tekat Anda untuk benar-benar ingin memulai usaha. Bila tekat sudah bulat, waktunya untuk cari modal. Seperti yang kita tahu untuk memulai usaha juga ada yang tidak memerlukan modal yang sedikit namun Anda pasti ingin usaha dalam skala yang lebih besar. Nah,biasanya jalan yang paling cepat adalah melakukan pinjaman ke Bank, tapi masih ada cara lainnya yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan modal usaha. Mau tahu apa saja caranya? Yuk kita bahas.

mendapatkan modal usaha

Mulai dari mengumpulkan gaji

 Bila Anda pandai mengatur keuangan pasti bisa memulai usaha dengan modal dari hasil kumpulan gaji bulanan. Bila Anda bukan tipe orang yang suka menabung, mulai lah dari sekarang menyisihkan 30% dari gaji Anda perbulannya. Jika sudah berniat menabung, namun secara tidak sadar uang yang Anda sisihkan itu masih tetap terpakai, maka langkah selanjutnya adalah membuat rekening baru khusus untuk menyimpan uang bakal modal usaha atau Anda bisa menitipkannya ke orang kepercayaan Anda. Dengan begitu Anda pasti bisa menahan diri untuk memakai tabungan Anda tersebut.

Pinjamlah modal dari keluarga atau kerabat dekat

Cara ini memang cukup riskan, namun tidak ada salahnya dicoba. Sebelum meminjam modal ke oaring lain sebelumnya Anda harus mengetahui bagaimana cara mengatasi hutang, agar kelak Anda tidak dikejar-kejar rasa bersalah karena belum bisa membayar hutang tersebut. Jelaskan ke kerabat atau keluarga Anda kalau usaha yang ingin Anda geluti memiliki prospek sehingga mereka semakin yakin meminjamkan modal untuk Anda.

Bekerja sama dengan si pemilik modal

Bila Anda takut meminjam maka ajaklah keluarga atau kerabat Anda untuk ikut menjalankan bisnis bersama. Tentu akan beban modal akan terasa lebih ringan jika Anda bisa patungan dengan orang lain. Jelaskan kepada mereka bagaimana sistem pembagian keuntungan, kami sarankan pembagian keuntungan bagi 50:50 persen.

Jual aset yang Anda miliki

Jika pinjaman dan menabung masih belum mencukupi untuk memulai usaha Anda bisa menjual asset yang bisa Anda jual. yang kami maksud asset tidak hanya barang berharga seperti emas atau rumah, namun bisa juga barang-barang milik Anda yang masih dalam kondisi yang baik dan layak pakai. Biarpun hasilnya tidak seberapa tapi cukup lumayan untuk menambah modal usaha.

Cari modal dengan kerja sampingan

Bila sudah memiliki pekerjaan, cari lah pekerjaan sampingan yang tidak memakan waktu yang lama. Seperti misalnya bila Anda hobi menulis dan tulisan Anda memiliki potensi untuk diterbitkan coba saja untuk mengirimkan tulisan Anda ke majalah atau situs web. Memang bayarannya tidak seberapa namun lumayan untuk menambah modal usaha atau tambahan uang jajan Anda saat menabung.

Mulai menjadi dropship produk milik orang lain

Untuk menjadi reseller dropship Anda tidak memerlukan modal. Tugas Anda hanya melakukan promosi, dan meminta seller atau supplier untuk mengirimkan barang orderan ke konsumen. Jadi tugas Anda hanya menjadi penjual tanpa memegang stock barang. Jika ada pemesanan Anda cukup memintanya ke supplier, mentransferkan uang dan biaya pengiriman serta mengirimkan informasi pemesan.

Cara terakhir Anda bisa mencoba crowdfunding

Dengan modal kuota internet, hp dan ide usaha Anda juga bisa mendapatkan modal. Kitabisa, Wujudkan, dan Crowdtivate, merupakan platform untuk mencari dana usaha dari beberapa investor dan sponsor. Maka dari itu buatlah ide usaha semenarik mungkin dan memiliki kemungkinan dapat berkembang sehingga sponsor dan investor yakin menaruh dana pada usaha Anda.

Demikian cara-cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan modal usaha. Kesimpulannya adalah modal usaha harus Anda nomor duakan, pertamanya adalah niat dan tekat. Bila Anda sudah ada niat dan tekat untuk memulai usaha pasti lama-kelamaan modal juga akan terkumpul. Semangat!! Semoga sukses!