Manfaat Mesin Kemasan Makanan untuk Berbagai Industri

Household-Vacuum-Sealer-DZ-280A-

Household-Vacuum-Sealer-DZ-280A-

Plastik merupakan barang yang biasa kita temui dimana-mana. Seperti contohnya di Indonesia, plastik berfungsi sebagai alat untuk mengemas berbagai makanan, minuman, dan juga barang. Permintaan plastik yang tinggi membuat berbagai perusahaan plastik di Indonesia banyak memperoduksinya. Lalu bagaimana dengan mesin kemasan makanan? Berbicara mesin yang satu ini, memang tidak bisa kita lepaskan dengan plastik. Sebelum ditemukan mesin ini, orang-orang memanfaatkan lilin untuk mengunci makanan atau barang lainnya agar tidak terkena dari kotoran, debu, atau sebagainya. Tetapi, ada juga kerugian dari menggunakan cara ini seperti misalnya untuk mengunci plastik yang isinya kerupuk akan lebih cepat amem atau tidak renyah lagi. Hal itu disebabkan jika menggunakan api lilin untuk menguncinya lebih cenderung mudah berlubang.

Teknologi semakin berkembang, terbukti dengan hadirnya mesin kemasan. Mesin ini semakin banyak dimanfaatkan orang karena jauh lebih memudahkan jika menggunakan api lilin untuk mengikat atau menguncinya. Industri makanan, minuman, dan barang-barang lainnya sangat merasa terbantu untuk mengamankan produk-produknya. Manfaat mesin pengemas ini plastik produk yang akan dikunci jauh lebih rapi hasilnya, kuat tidak mudah lubang atau bolong, produk yang ada di dalamnya terjaga kualitasnya. Apa saja jenis dan macam dari mesin pengemas ini? Salah satu mesin pengemas yang sering digunakan adalah vacum sealer.

Vacum sealer merupakan mesin kemasan yang memiliki kelebihan yaitu menjaga komposisi rasa pada makanan atau minuman tetap terjaga. Selain rasa, tekstur, bentuk, dan warna pada makanan dan minuman pun tetap terjaga. Cara kerja mesin pengemas ini adalah mengeluarkan udara yang ada di dalam kemasan si kantong plastik agar tidak terkontaminasi oleh bakteri ataupun kotoran. Udara yang dikeluarkan dari kantong plastik berlangsung dengan cepat seperti di pres. Udara yang dikeluarkan dengan cepat agar udara yang ada di luar tidak masuk lagi ke dalam kantong plastik. Vacum sealer biasanya dimanfaatkan oleh industri-industri makanan atau minuman. Biasanya jenisnya adalah makanan atau minuman yang bisa diawetkan, seperti sosis, chicken nugget, dan sebagainya.

Selain vacum sealer, mesin kemasan makanan yang menjadi favorit banyak industri khususnya industri rumahan adalah hand sealer. Hand sealer fungsinya sama dengan mesin pengemas lainnya. Seperti halnya dengan vacum sealer, hand sealer pada dasarnya untuk mengunci makanan, minuman ataupun barang dari kotoran, debu, dan sebagainya. Hanya saja, hand sealer hanya mengunci atau mengikat makanan, minuman, ataupun barang. Nah, sedangkan vacum sealer berfungsi mengikat atau mengunci dengan mengpres atau menghilangkan udara agar produk di dalamnya lebih awet lagi. Ingin menggunakan jenis mesin kemasan yang mana tergantung dari kebutuhan kita. Jika memang industri makanan yang diawetkan lebih cocok menggunakan jenis mesin pengemas seperti vacum sealer.