Kiat-kiat usaha bermodal kan kecil  

Kiat-kiat usaha

Plastik Kemasan Snack

Jual Snack Kemasan

Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas bagaimana kita memulai usaha, namun terkendala dalam biaya atau modal. Umumnya masyarakat kita memang agak ragu dan takut untuk memulai membuka usaha sendiri. Entah karena mereka malu berwirausaha atau karena faktor modal yg memang mereka tidak punya atau tidak mencukupi. Padahal, sebenarnya memulai usaha bisa dilakukan dgn bermodal kecil.

Berikut kiat-kiat beberapa cara yang bisa anda lakukan bagi para pemula untuk merintis usaha dalam skala modal yang kecil:

  1. Anda bisa mencari ide usaha tanpa modal. Mungkin sebagian dari kita belum percaya bahwa usaha tanpa modal itu benar-benar ada. Contoh saja seperti menjadi pemasar atau reseller sebuah produk yang hanya bermodalkan katalog dan foto poduk dan pasti kita harus mempelajari nya lebih dalam apa yg mau kita tawarkan. Bisnis reseller produk ini memang sedang booming pesat, terutama dengan tehnologi yang semakin maju yaitu internet dikalangan masyarakat mulai meningkat.
  2. Memulai dengan modal yang anda miliki sendiri. Dalam hal ini tentu saja modal yang digunakan tak juga dengan uang. Anda bisa mengunakan keahlian anda sendiri, semisal anda pandai membuat roti/cake. Dengan itu anda bisa membuatnya dan menjualnya dengan menitipkan ke kios/warung sekitar rumah anda. Dan hal ini akan meningkatkan penghasilan anda dengan sendirinya.
  3. Manfaatkan peralatan yang anda punya. Saat anda mau merintis sebuah usaha, tak selamanya semua perkakas atau peralatan yang digunakan semuanya baru ataupun serba canggih. Manfaatkan lah semua perkakas/peralatan lama anda untuk lebih mengoptimalkan budget modal agar lebih menekan pengeluaran modal anda. Misal anda ada perkakas dapur semisal kompor dan penggorengan.
  4. Coba anda pasarkan secara online dan pemasarannya gratis. Meski modal sedikit, tetapi anda harus menganalisa strategi pemasaran usaha anda. Karena tanpa strategi pemasaran yang matang usaha anda akan jalan tidak seimbang dan lebih buruk lagi bisa gulung tikar. Coba saja anda pasarkan mulai dari jejaring sosial seperti Facebook, BBM, Twitter dan semacamnya, dan di himbau agar anda mempunyai website online gratis yg bisa anda buat di worpress atau blogspot.
  5. Belanjakan modal anda dengan bijak sesuai dengan kebutuhan usaha anda. Mengingat modal yang sedikit, usahakanlah berbelanja keperluan usaha bisnis anda dengan cermat. Usahakan lebih didahulukan keperluan yang sangat dibutuhkan untuk usaha bisnis anda.

Begitulah kisi-kisi yang saya bisa bagikan untuk anda, semoga bermanfaat. Dan ayo mari kita sukseskan diri kita sendiri dimulai dari kita sendiri. Maju Indonesia! Majulah terus UKM Indonesia dan salam sukses untuk anda.

 

 

Sumber : Pusat Peluang Usaha dan Jaringan Bisnis UKM –  (dn)