Ini Dia Cara Menjadi Pengusaha Kreatif Dan Beda!

Cara Menjadi Pengusaha Kreatif

Bicara soal kreatifitas memang tidak akan pernah ada batasnya. Kreativitas adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru yang ditimbulkan dari ide baru. Cara menjadi pengusaha kreatif tentunya dengan anda menciptakan sesuatu yang berbeda dan benar – benar baru. Biasanya bibit kreativitas akan sangat terlihat pada para pengusaha muda apalagi yang memulai bisnis sejak mahasiswa. Anda juga bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses meskipun harus memulai dari nol. Berikut adalah beberapa hal yang akan sangat anda butuhkan jika anda berniat untuk menjadi seorang pengusaha yang kreatif.

Cara Menjadi Pengusaha


Kreatif Membuat Brand

Hal pertama yang harus anda buat sekreatif mungkin adalah ‘brand’. Mungkin beberapa orang mengatakan ‘apalah arti sebuah nama’, namun didalam dunia perdagangan atau bisnis brand atau nama merek adalah hal yang paling penting dan bisa menjadi nilai plus minus untuk produk yang anda jual. Misalnya saja anda menjual peralatan gunung, tapi anda mengusung nama brand “Princess” yang terdengar begitu imut dan menggemaskan dan tentu saja ini tidak sesuai dengan bisnis yang anda buat. Kemungkinan orang akan salah paham begitu melihat banner nama merek anda yang memang lebih identik dengan perempuan dan segala sesuatu yang manis dan menggemaskan.

Akan lebih baik jika anda menggunakan nama yang terkesan lebih menantang, seperti “Adventurous” dan lain sebagainya. Selain itu juga anda harus bisa membuat nama merek yang memang tidak ada yang menyamakan karena orang tidak akan tertukar jika mendengar merek anda dengan merek produk lain. Itulah mengapa brand merupakan hal yang paling krusial untuk dibuat. Karena sekali nama sebuah brand atau merek terbentuk maka akan sulit untuk menggantinya lagi, karena orang akan selalu mengingat produk justru dengan merek jual anda.

Kreatif Membuat Kemasan

Membuat kemasan adalah hal lain yang harus anda pikirkan. Sama dengan brand, kemasan juga harus sesuai dengan produk yang anda jual. Pikirkan kemasan yang tidak hanya unik dan lain dari yang lain, tapi juga sesuai dengan produk yang dijual dan bisa menopang dan menjaga bentuk produk yang dijual agar tidak rusak. Seperti produk makanan, anda harus menggunakan produk plastik yang berkualitas agar produk makanan anda tetap terjaga wanginya dan daya tahannya. Buat kemasan dengan menarik, sebab kemasan adalah hal lain yang akan dilihat orang pertama kali selain merek.

Kreatif Membuat Produk

Produk tentunya akan menjadi fokus utama anda saat akan memulai sebuah usaha. Tanpa produk yang berkualitas baik tidak mungkin anda akan meraih reputasi yang baik. Dan tanpa kreatifitas yang baik dalam menciptakan produk yang unik dan baru maka tidak mungkin juga anda bisa bersaing dengan para pengusaha lain yang susah lebih dulu menciptakan hal yang serupa. Oleh karena itu, jika anda berniat untuk terjun ke dunia bisnis apapun itu, penting untuk anda menganalisis dan melakukan inovasi secara continue untuk bisa menghasilkan produk yang benar – benar orisinil.

Kreatif Dalam Pemasaran

Pemasaran atau promosi adalah hal yang pada akhirnya akan menentukan seberapa banyak penjualana yang bisa anda lakukan. Disinilah pentingnya anda belajar ilmu marketing. Meskipun anda bukan lulusan dari bidang marketing paling tidak anda harus mempelajari terlebih dahulu seperti apa target pasar anda, media apa yang biasa mereka konsumsi, lakukan penelitian terlebih dahulu. Pelajari juga pendapat orang – orang dari produk – produk yang sudah ada sebelumnya agar menjadi pelajaran untuk produk yang akan anda jual. Penting untuk anda mempelajari pasar atau market jualan anda seperti apa agar anda bisa berpromosi tepat sasaran.

Itulah bagaimana cara menjadi pengusaha yang kreatif. Tanpa kreatifitas dam inovasi yang baik maka bisnis anda mungkin tidak akan bisa berjalan seperti seharusnya. Jadi inilah saatnya bagi anda untuk bisa berkarya dan berkreasi, selamat mencoba dan salam sukses.