Fungsi Dari Plastik Vakum untuk Kebutuhan Sehari-hari

Fungsi plastik  Vakum dapat dipergunakan untuk membungkus daging, ikan, sosis, nugget dan makanan lain yang siap dimasak atau dimakan. Malah tidak hanya makanan basah saja, bahan makanan kering kini sudah menjadi trend dikemas dengan menggunakan plastik vacuum, seperti Beras, Jagung, Kacang-kacangan,dll. Tentu saja dimaksudkan agar bahan makanan  tersebut terhindar dari serangan bakteri bahkan kutu yang biasanya terdapat pada beras dan kacang-kacangan lainnya. Oleh karena hampa udara plastik vacuum inilah dapat menjamin kualitas dari makanan yang ada di dalamnya. Penggunaan plastik vakum banyak digunakan pada usaha usaha kecil menengah untuk mengemas berbagai produk yang mereka buat baik itu makanan jadi atau bahan makanan sehingga produk mereka akan aman dengan kemasan yang kedap udara dan menjamin makanan tersebut akan tetap aman untuk dikonsumsi sampai tanggal kadaluarsanya.

Plastik Stand Up

Plastik Stand Up


Dengan adanya plastik vacuum kita tak perlu repot-repot lagi memikirkan bagaimana cara menjaga kesegaran produk kita pada saat berada didalam kemasan.Berikut ini adalah beberapa manfaat dari plastik vacuum yaitu:
karena sifatnya yang hampa udara tadi, makanan produk akan lebih awet beberapa hari bahkan beberapa bulan dari tanggal kadaluarsa yang telah ditentukan. Karena plastik vacuum tidak akan mudah ternoda oleh kuman dan terkontaminasi oleh kondisi di luar lingkungan yang penuh dengan bakteri. Jadi dengan adanya plastik vacuum ini sangatlah penting untuk produk kita, membuat makanan menjadi lebih awet dan terjaga atau tidak mudah basi.

Apalagi jaman sekarang makanan online sedang booming sekali, pastinya pengiriman melalui ekspedisi sangatlah dibutuhkan. Dengan cara mem-vacuum makanan tidak perlu  lagi khawatir basi/tumpah/bocor. Kemasan vakum plastik terbuat dari material nylon yang dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu melindungi produk makanan yang ada di dalamnya dengan ketebalan tertentu tidak mudah rusak atau pun lecet. Selain itu bahan nylon mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ekstrem. Tahan beku dan tahan rebus. So simple,tinggal dimasukan ke dalam freezer ketika ingin dikonsumsi barulah masukan ke microwave atau langsung direbus.

Produk kemasan plastik vakum biasanya terdiri dari 3 bentuk, yaitu bahan plastik LDPE, PED, dan Nylon yang telah dilaminasi ketiga sisinya atau three side seal sehingga dengan keadaan demikian dapat dengan mudah menyimpan makanan dan bahan makanan dalam keadaan kedap udara yang akan memaksimalkan ketahanan dari produk makanan untuk dijual dalam keadaan masih berkualitas tinggi dan mampu memberikan kepuasan kepada konsumen karena makanan yang ada pada kemasan benar benar masih fresh atau eatable.

Fungsi plastik  Vakum lainnya ialah mampu diberikan desain dan kode tanggal tanggal penting seperti tanggal produksi, dan tanggal kadaluarsa sehingga dengan mudah informasi penting tersebut bisa dibaca atau diketahui oleh konsumen yang akan membeli produk. Penggunaan desain dari perusahaan atau industri makanan dapat juga memberikan media promosi yang baik terutama untuk makanan dengan kualitas baik tetapi belum dikenal oleh konsumen.

Penggunaan Plastik vakum akan memudahkan para pelaku usaha dalam melakukan proses pengemasan makanan terutama bagi makanan ringan dan bahan makanan yang harus dikondisikan dalam keadaan kedap udara sehingga kualitas dari makanan tersebut akan tetap terjaga hingga didisribusikan serta dibuka oleh konsumen untuk digunakan atau dikonsumsi.

Related Link – http://acheljesy.blogspot.co.id/2011/05/fungsi-dan-teknik-pengemasan-dalam.html