Berbagai Jenis Kemasan Makanan Modern Saat Ini

Kita perlu mengetahui Jenis Kemasan Makanan Modern yang berfungsi sebagai pembungkus yang sangat banyak sekali digunakan dan dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.Pembungkus makanan saat ini merupakan salah satu benda yang menjadi sebuah kebutuhan muthlak yang harus di miliki oleh masyarakat. Hal ini disebabkan kebutuhan akan pembungkus untuk kemasan makanan baik yang terbuat dari bahan organik seperti daun pisang, jati, dan sebagainya, sedangkan yang non organik sebagai contoh salah satunya plastik, kertas, dan sebagainya.

Plastik Vakum Sealer

Namun sekarang ini masyarakat sudah mulai meninggalkan pembungkus makanan yang berbahan alami seperti daun pisang, karena masyarakat di era modern ini bersifat instant sehingga memerlukan pembungkus yang praktis sebagai pilihannya. Saat ini sudah banyak sekali jenis kemasan yang beragam macam beredar di masyarakat murah hingga mahal, kualitas biasa hingga bagus, dan beragama bentuk dan warna. Jika kita lihat kemasan memiliki fungsi sebagai pembungkus makanan, bahan makanan, hingga barang- barang kebutuhan kita lainnya.

    1. Plastik mika, gelas plastik, plastik es yang biasanya saat ini digunakan sebagai pembungkus makanan, hingga bahan makanan baik panas maupun dingin. Seperti bakso, sup, ketupat sayur, soto, es campur, jus buah, cendol, dan sebagainya.  
    2. Styrofoam putih dengan berbagai bentuk dan ukuran ada yang persegi panjang, hingga persegi, biasanya pada jenis kemasan ini lebih sering digunakan oleh rumah makan kecil, hingga restauran dalam menggunakan pembungkus sebagai kemasan makanan seperti nasi goreng, martabak, dan sebagainya. Keunggulan dari jenis pembungkus ini ialah selain wadahnya yang dapat menahan agar suhu panas tetap terjaga sehingga membuat makanan tetap hangat, selain itu keunggulannya juga anti tumpah dan bocor dan juga membuat makanan tetap terjaga posisinya atau kuat dipegang.
  • Kertas, saat ini banyak sekali jenis-jenis kertas yang beredar dan tercipta di masyarakat seperti kertas kue, kotak kue dengan berbagai bentuk yang unik dan lucu. Bahkan untuk pembungkus kue saja saat ini ada yang berbentuk wajah karakter tokoh kartun seperti minion, bernard, spongebob, hingga karakter lainnya karena saat ini kemajuan teknologi sangat berperan penuh dalam pengembangan pembungkus kertas sebagai pembungkus makanan. sebagai contoh juga saat ini sedang banyak  digunakan kertas kue tidak hanya digunakan untuk pembungkus gorengan tetapi lebih banyak digunakan sebagai penahan bentuk kue saat di oven sehingga anti lengket pada loyang tersebut.

Itulah beberapa  jenis pembungkus makanan yang saat ini sedangkan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, baik untuk digunakan sendiri di rumah, maupun untuk memproduksi dan menjual hasil produk mereka ke masyarakat luas. Perlu menjadi sebuah pertimbangan untuk kita bahwa dalam memilih kemasan makanan yang paling kita butuhkan ialah ketelitian dan kepedulian dalam memilih kemasan tersebut dengan memperhatikan unsur kesehatan bahannya.

related link – http://sharingdisini.com/2013/10/22/mengenal-jenis-bahan-kemasan-makanan-dan-minuman/