Asal Mula Oven dan Kelebihan Menggunakan Oven Gas Modern

Gas Roaster GK-222

Sebelum membahas mengenai macam-macam oven termasuk salah satunya oven gas  mari kita mengetahui asal usul oven itu sendiri. Sekitar 29.000 SM yang lalu oven telah ditemukan di wilayah Eropa tengah. Penduduk asli banyak yang memanggang roti di dalam suatu lubang batu yang digunakan untuk memasak. Makanan sebelumnya dibungkus menggunakan daun lalu diletakkan di bagian atas. Banyak pula oven tradisional yang terbuat dari batu bata yang juga berfungsi sebagai alat pemanasan ruangan. Hingga akhirnya ditemukan oven roti dengan front loaded yang digunakan oleh penduduk asli Yunani kuno. Mereka banyak yang menciptakan berbagai macam adonan roti karena budaya di Yunani seorang ahli roti ialah salah satu profesi yang sangat agung. Untuk itulah, asal mula penggunaan oven yang terus berkembang hingga saat kini karena adanya teknologi.

Saat ini macam-macam oven ada banyak yang paling terkenal ada tiga yakni oven tangkring atau oven menggunakan kompor, oven listrik, dan oven yang menggunakan gas LPG. Oven gas merupakan oven yang paling ideal untuk proses pemanggangan. Bagi yang belum menggunakan oven dengan bahan bakar gas otomatis ini segera beralihlah menggunakannya karena pertimbangan efisiensi dan optimalisasi kerjanya. Di oven tersebut terdapat bagian control oven yang memiliki banyak fungsi. Untuk lebih detailnya dapat melihat bagian depan kanan pada oven dengan gas LPG tersebut. Selain itu, terdapat pula beberapa sistem yang ada seperti sensor panas yang bekerja sesuai dengan suhu panas yang diinginkan, set pipa stainless steel yang digunakan sebagai burner, selenoid valve untuk membuka maupun menutup aliran gas yang masuk ke pipa buner, dan masih banyak lagi.

Oven roti yang menggunakan gas memang sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan dan juga proses pematangan suatu produk roti. Sebenarnya tak hanya roti saja, oven gas juga bisa digunakan untuk memanggang berbagai macam masakan lain seperti ayam panggang, macaroni, pizza, dsb. Kegunaan oven ini memang sangat banyak dan menjadi para primadona ibu-ibu yang hobi memasak atau berkreasi dengan makanan yang bertekstur kering. Selain itu, hanya dengan menggunakan oven ada banyak usaha yang bisa dikembangkan sebagai pebisnis kuliner seperti dengan membuka toko kue atau usaha kue kering yang menjamur saat menjelang hari hari lebaran.  Selain menggunakan gas LPG, ada pula oven yang banyak digunakan tetapi harganya cenderung lebih mahal yakni oven listrik. Oven listrik memang lebih praktis karena tinggal dicolokkan ke listrik saja sehingga makanan juga cepat matang. Namun, oven listrik akan menyerap biaya lebih mahal karena daya listrik yang digunakan sangat besar. Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa oven gas memang menjadi oven yang sangat ideal untuk berbagai kalangan.